Senin, 17 September 2012

Luka Akibat Kekerasan Tajam


Luka akibat kekerasan tajam

Merupakan luka terbuka yang terjadi akibat benda yang memiliki sisi tajam atau ujung runcing. Luka berupa luka terbuka dengan tepi dan dinding luka yang rata, berbentuk garis, tidak terdapat jembatan jaringan, dasar luka berbentuk garis atau titik dengan keadaan sekitar luka bersih. Luka jenis ini dapat berupa:

1. Luka iris/sayat: Luka lebar tapi dangkal, terjadi akibat kekerasan yang sejajar kulit.
2. Luka bacok: Luka bacok yang mempunya dalam luka kurang lebih sama dengan panjang luka terjadi akibat kekerasan yang arahnya miring dengan kulit.
3 Luka tusuk: merupakan luka dengan kedalaman luka yang melebihi panjang luka, terjadi akibat kekerasan yang arahnya tegak lurus kulit.
Sudut luka terbuka dapat menunjukkan arah benda penyebabnya adalah benda tajam bermata satu, lancip dan yang lain tumpul berarti benda penyebab adalah benda tajam bermata satu atau dua. Benda tajam bermata satu dapat menimbulkan luka tusuk bermata lancip berarti, bila hanya bagian ujung benda saja yang menyentuh kulit. Panjang luka umumnya tidak mencerminkan lebar benda dan panjang saluran luka tidak menunjukkan panjang benda tajam  tersebut akibat faktor elastisitas jaringan dan gerakan korban.

Pada luka akibat kekerasan tajam dapat juga berupa:
-Luka tangkis: luka yang terjadi akibat perlawanan korban dan umumnya terdapat pada telapak, punggung tangan, jari tangan, punggung lengan bawah, dan tungkai.
-Luka percobaan: luka-luka sejajar dengan luka utama yang dalam, merupakan luka khas pada kasus bunuh diri dengan benda tajam. Umumnya berupa luka sayatan yang berulang dan biasanya sejajar satu sama lain serta terdapat pada daerah leher atau pergelangan tangan.

Pemeriksaaan pada baju yang terkena pisau bertujuan untuk interaksi pisau-kain-tubuh, yaitu lokasi kelainan, bentuk robekan, adanya partikel besi (reaksi biru berlin dilanjutkan pemeriksaan spektroskopi), serat kain dan pemeriksaan terhadap adanya bercak darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar