Sabtu, 05 Mei 2012

Jenis Kekerasan Mekanik pada Kasus Asfiksia


Jenis-jenis kekerasan mekanik





  • Pembekapan adalah penutupan lubang hidung dan mulut yang menghambat pemasukan udara ke paru-paru.
  • Gagging dan Choking terjadi jika jalan napas tersumbat oleh benda asing. Pada gagging sumbatan terdapat dalam orofaring, sedangkan pada chocking terdapat pada laringofaring.
  • Pencekikan dalah penekanan leher dengan tangan yang menyebabkan dinding saluran napas bagian atas tertekan dan terjadi penyempitan aluran napas sehingga udara pernapasan tidak dapat lewat. Mekanisme kematian adalah asfiksia dan refleks vagal.
  • Penjeratan adalah penekanan benda asing berupa tali, ikat pinggang, rantai, stagen, kawat, kabel, kaos kaki dan sebagainya, melingkari dan mengikat leher yang makin lama makin kuat sehingga saluran napas tertutup. Mekanisme kematian adalah asfiksia atau refleks vagal.
  • Gantung adalah penekanan benda asing berupa benda panjang melingkari leher dengan tekanan tenaga yang berasal dari berat badan korban sendiri. Mekanisme kematian berupa kerusakan batang otak dan medula spinalis, asfiksia, iskemi otak, dan refleks vagal. Diketahui beberapa jenis gantung: typical hanging (titik gantung pada garis pada  garis pertengahan belakang dan tekanan pada arteri karotis paling besar), atypical hanging (titik gantung di samping menimbulkan gambaran muka yang kebiruan), dan kasus dengan titik gantung di depan atau di dagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar